Home > Sejarah Hari Ini

Tanggal 2 Januari Dirayakan Sebagai Hari Leluhur Hingga Hari Introver Sedunia

Label itu disebut Appellation dOrigine Protegee atau label AOP.

Hari Keju Swiss

Keju Swiss memiliki sejarah sejak beberapa ratus tahun yang lampau, konon pada abad ke-12 atau ke-13 ketika masyarakat Swiss mulai membuat keju sendiri. Berawal dari keju yang lebih lembut, mereka akhirnya mampu membuat keju keras khas Swiss yang terkenal itu.

Pabrik keju industri pertama didirikan pada 1815 untuk meningkatkan kemampuan produksi dan pemasaran keju. Seiring dengan pembuatan keju yang terstandardisasi, popularitas dan ketersediaan keju Swiss semakin meningkat.

Meskipun banyak tempat di dunia mungkin memproduksi keju yang mirip dengan keju Swiss, beberapa label membuat konsumen mengetahui keju autentik dari Swiss. Label itu disebut Appellation d'Origine Protégée atau label AOP. Hanya 10 jenis keju Swiss yang memiliki label ini.

Laman daysoftheyear, yang dikutip Selasa (2/1/2024), mengungkapkan label lain yang menandakan keju dibuat di Swiss, yakni Indication Geographique Protégée (IGP), yang artinya minimal satu tahap proses produksi telah dilakukan di wilayah aslinya.

Keju Swiss sudah mendunia lewat perdagangan ekspor. Masyarakat Swiss juga terkenal sebagai penikmat keju nomor wahid. Faktanya, menurut penelitian, diperkirakan lebih dari 185.000 ton keju dimakan setiap tahun di Swiss, atau setara dengan 48 pon keju per orang setiap tahunnya.

Hari Introver Sedunia...(buka halaman 4)

× Image