Home > Corner

17 Daftar Karya Penulis Palestina yang Patut Dibaca

Daftar ini bertujuan untuk menampilkan luasnya gaya dan genre dari beberapa tulisan yang berasal dari Palestina.

9. The Book of Ramallah adalah kumpulan cerita pendek yang disunting oleh Maya Abu Al-Hayat. Buku ini dipublikasi oleh Comma Press. Buku ini, selain bercerita mengenai Ramallah, juga kesempatan yang langka untuk menyelam lebih jauh terhadap gaya bercerita 10 penulis Palestina.

10. Ever since I Did Not Die merupakan kumpulan esai karya Ramy Al-Asheq yang diterbitkan pada Juli 2021 oleh Seagull Books. Buku ini bermula dari kamp pengungsi Palestina di Damaskus. Setelah revolusi Syria, dia berakhir di penjara Yordania hingga diasingkan ke Berlin.

11. Stories under Occupation: And Other Plays from Palestine merupakan kumpulan drama kontemporer oleh teater-teater Palestina dalam bahasa Inggris. Selain menampilkan teater kontemporer, antologi ini juga memperlihatkan bagaimana teater berkontribusi dalam identitas dan perlawanan.

12. Power Born of Dreams: My Story is Palestine merupakan kumpulan kartun karya Mohammad Sabaaneh yang diterbitkan oleh Street Noise Books pada September 2021. Sabaaneh adalah kartunis politik di surat kabar Al-Hayat Al-Jadida dan pernah menjadi tahanan politik Israel. Karya-karyanya bersifat alegoris. Dalam buku ini, terdapat penggambaran burung yang bertengger di jendela sel sambil menawarkan kesepakatan, “Bawalah pensil dan aku akan membawakan cerita.”

13. Farah Rocks merupakan cerita berseri yang ditulis oleh Susan Muaddi Darraj untuk pembaca berusia 8–12 tahun. Buku ini bercerita mengenai anak perempuan bernama Farah Hajjar yang dikenal sebagai Farah Rocks. Di sini ditampilkan isu yang biasanya ada di sekitar anak-anak usia 8 hingga 12 tahun, seperti perundungan, pertengkaran dengan sahabat, atau kecemasan dalam sekolah. Seri ini sudah menerbitkan tiga buku, satu buku lagi akan diterbitkan oleh Capstone Publishing.

14. Post-Millenial Palestine: Literature, Memory, Resistance merupakan kumpulan esai akademik yang diterbitkan oleh Oxford University Press. Kumpulan esai ini menampilkan tulisan-tulisan dari pelajar Palestina dan bukan pelajar Palestina.

15. The Dance of the Deep Blue Scorpion merupakan novel karya Akram Musallam yang diterbitkan dalam bahasa Arab pada 2008. Novel ini memenangkan AM Qattan Award dan telah diterjemahkan ke dalam bahasa Prancis dan Italia. Untuk edisi bahasa Inggrisnya, diterbitkan oleh Seagull Books pada Oktober 2021.

16. The Gaza Kitchen: A Palestinian Culinary Journey merupakan karya Laila El-Haddad dan Maggie Schmitt. Buku ini menyajikan 130 resep makanan yang dikumpulkan di Gaza. Buku ini tidak hanya menampilkan resep makanan, tetapi juga tukang masaknya, petani, penjual, dan wawancara dengan tukang masak di seluruh Gaza.

17. Wondrous Journeys in Strange Lands merupakan novel karya Sonia Nimr—seorang penulis sekaligus ahli etnografi. Novel ini bergenre fantasi yang mengajak pembaca bertualang bersama perompak abad pertengahan melalui hutan di India dan bergabung dengan sebuah lembaga pendidikan di Maroko. Novel ini diterbitkan dalam bahasa Arab pada 2013 dan memenangkan Etisalat Prize foor Arabic Literature. (lur)

× Image