Home > Militer

Tank Israel yang Hilang, Ketemu di Tempat Sampah

Tank Merkava menjadi andalan militer Israel dalam berbagai pertempuran.
Tank Merkava 2 yang sempat dicuri ditemukan di tempat sampah (AP)
Tank Merkava 2 yang sempat dicuri ditemukan di tempat sampah (AP)

DIPLOMASI REPUBLIKA, JERUSALEM — Tank lapis baja milik Israel ditemukan di antara rongsokan di tempat pembuangan sampah. Militer Israel pada Rabu (20/9/2023) mengatakan tank Merkava 2 ini sempat dicuri dari zona pelatihan militer Israel di dekat pesisir Kota Haifa.

Menurut pihak militer, tank tersebut telah dinonaktifkan beberapa tahun yang lalu dan tidak dipersenjatai. Alat berat itu juga baru-baru ini digunakan sebagai kendaraan untuk tentara berlatih.

Otoritas Israel pun menyatakan akan mencari tahu bagaimana tank seberat 65 ton itu dapat dicuri dari zona pelatihan militer. Padahal, zona tersebut tertutup untuk publik saat digunakan, tetapi masih dapat diakses orang yang lewat.

Sementara itu, polisi Israel mengatakan tank hijau itu ditemukan di tempat pembuangan sampah dekat pangkalan militer. Dalam video yang diambil dari lokasi kejadian, tank tersebut berada di antara potongan logam berkarat dan sisa rongsokan industri lainnya. Pihak kepolisian juga sudah menahan dua orang tersangka yang diduga terkait dengan pencurian.

Tank Merkava merupakan satu di antara tank canggih milik Israel. Dalam bahasa Ibrani, "Merkava" berarti 'Kereta Perang'. Tank Merkava 2 diproduksi sebanyak 500-an mulai tahun 1983 hingga 1989.

Tentara Israel berjalan dekat tank Merkava (AP/Dan Balilty)
Tentara Israel berjalan dekat tank Merkava (AP/Dan Balilty)

Merkava 2 didesain tidak biasa dengan posisi mesin berada di depan, terutama untuk melindungi awaknya. Selain itu, tank canggih ini dapat menampung empat sampai enam orang awak di dalamnya.

Tank Merkava kerap menjadi andalan militer Israel dalam berbagai pertempuran. Israel hingga kini sudah memproduksi lima jenis Merkava, yang terbaru diluncurkan pada September 2023, yaitu Merkava Mark 5 yang diberi nama "Barak". (zed/AP)

× Image