Home > Mancanegara

Benarkah Bangkok Ganti Nama? Royal Society Menjawab

Guinness World Records menyebut nama asli Bangkok sebagai nama tempat terpanjang di dunia.
Nama
Nama "Bangkok" tetap tertera di jalur skytrain di Bangkok, Thailand, Kamis (17/2). (Sakchai Lalit/AP)

DIPLOMASI REPUBLIKA, BANGKOK -- Apakah Thailand punya ibu kota baru? Atau, apakah Bangkok berganti nama? Mungkin itu pertanyaan yang muncul belakangan ini.

Royal Society di Thailand menjelaskan, orang yang menggunakan hurup Romawi tak perlu mengganti nama Bangkok menjadi Krung Thep Maha Nakhon. Karena, nama yang disebut itu adalah nama ibu kota Thailand dalam bahasa setempat.

Royal Society adalah badan yang bertanggung jawab tentang standar akademis dan liguistik Thailand. Badan ini mengajukan usul agar penulisannya yang selama ini diakui dunia internasional yaitu "Krung Thep Maha Nakhon; Bangkok” diubah menjadi “Krung Thep Maha Nakhon (Bangkok)”.

Kabinet Thailand kemudian menyetujui usul tersebut, Selasa (15/2). Keputusan ini langsung memantik spekulasi bahwa Bangkok telah berubah nama.

Keputusan itu membuat orang bertanya-tanya, apa perbedaan makna tanda baca "Krung Thep Maha Nakhon; Bangkok” dengan “Krung Thep Maha Nakhon (Bangkok).” Sedangkan banyak orang mulai menelusuri asal kata nama tersebut.

Rupanya, sejak dulu nama ibu kota Negeri Gajah Putih itu dalam bahasa Thailand, Krung Thep Maha Nakhon. Artinya, "kota agung para bidadari". Umumnya warga Thailand menyingkat nama kota itu menjadi Krung Thep dalam percakapan sehari-hari.

Di tengah beragam spekulasi, akhirnya Royal Society turun tangan dan menjelaskannya di akun Facebook mereka. Mereka mengatakan, perubahan itu hanyalah bentuk silistika dalam bahasa.

"Penulisan nama resmi ibu kota dengan hurup Romawi bisa dilakukan bersamaan Krung Thep Maha Nakon dan Bangkok," tulis mereka di Facebook, Rabu (16/2).

Jawaban itu untuk menenangkan orang yang bukan penutur bahasa Thai. Meskipun, jika Thailand memang ingin mengubah nama Bangkok ke nama aslinya, tentu urusannya akan menjadi lebih rumit. Betapa tidak, sebenarnya nama Krung Thep Maha Nakhon adalah kependekan dari nama asli kota tersebut.

Inilah nama asli Kota Bangkok:

Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.

Cukup panjang, kan? Bahkan Guinness World Records menyebutnya sebagai nama tempat terpanjang di dunia. Baiklah, kita cukup sebut saja Bangkok. Setuju? Chay! (ap/yen)

× Image