Home > Kabar Diplomasi

Pelaut Indonesia di Cape Town Mencoblos 4 Februari

Sebanyak 36 ABK telah memberikan suaranya di Cape Town.
Seorang ABK Indonesia memberikan suaranya di Cape Town, Afrika Selatan, Ahad.  (Dok. KJRI Cape Town)
Seorang ABK Indonesia memberikan suaranya di Cape Town, Afrika Selatan, Ahad. (Dok. KJRI Cape Town)

CAPE TOWN – Para pelaut atau anak buah kapal (ABK) Indonesia melakukan pencoblosan suara dalam pemilihan umum (Pemilu) di Cape Town, Afrika Selatan, Ahad (4/2/2024). Keterangan yang diterima Diplomasi, sebanyak 36 ABK telah memberikan suaranya untuk memilih calon presiden dan wakil presiden, serta anggota DPR RI untuk daerah pemilihan luar negeri.

Untuk memfasilitasi ABK menyampaikan hak suaranya, Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) menggunakan kotak suara keliling di Pelabuhan Cape Town. Sementara sejumlah ABK lainnya memberikan suaranya di Indonesian Seafarer Corner (ISC) yang masih berada di sekitar Pelabuhan Cape Town.

ISC pertama kali dibentuk pada 2018 dan dikelola oleh KJRI Cape Town. Fasilitas ini adalah salah satu bentuk perlindungan Pemerintah RI terhadap ABK Indonesia. ISC ini digunakan sebagai tempat untuk bersilaturahmi, sosialisasi, pemberdayaan dan peningkatan skills para ABK.

Para ABK mengungkapkan kebahagiaan mereka karena tetap dapat menggunakan hak suaranya walau berada di luar negeri. Mereka melakukan pencoblosan ini tepat sebelum mereka berangkat berlayar ke laut.

Pencoblosan suara ini juga menjadi ajang silaturahim para ABK Indonesia.  (Dok. KJRI Cape Town) 
Pencoblosan suara ini juga menjadi ajang silaturahim para ABK Indonesia. (Dok. KJRI Cape Town)

Sementara itu puluhan ABK lain yang baru tiba dari tanah air, mereka belum sempat mengurus surat kepindahan memilih. Namun, jika memenuhi persyaratan maka mereka masih tetap dapat menggunakan hak pilihnya pada 10 Februari di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Cape Town.

Perhitungan hasil pemungutan suara nantinya akan dilakukan serentak pada 14 Februari 2024. Lebih lanjut, PPLN akan melakukan rekapitulasi seluruh surat suara melalui Pos, KSK dan TPS LN pada 15 Februari 2024. (ost)

× Image