Home > Mancanegara

Pohon Sequoia Raksasa Setinggi Gedung 26 Lantai

Pohon sequoia General Sherman nyaris setinggi gedung 26 lantai.
Seorang pemadam kebakaran memeriksa pohon sequoia di Sequoia National Park di California, Amerika Serikat. (ETIENNE LAURENT/EPA-EFE)
Seorang pemadam kebakaran memeriksa pohon sequoia di Sequoia National Park di California, Amerika Serikat. (ETIENNE LAURENT/EPA-EFE)

DIPLOMASI REPUBLIKA, SIERRA NEVADA -- Pohon sequoia memang layak jadi pohon terbesar di dunia. Yuk, kita berkenalan dengan General Sherman, yang kini dinobatkan menjadi pohon terbesar di dunia, berdasarkan volumenya.

Volume General Sherman diperkirakan sebesar 1.487 meter kubik. Sang pohon memiliki tinggi 83,8 meter dengan diameter pada bagian dasar mencapai 11 meter. Artinya, pohon ini nyaris setinggi gedung 26 lantai.

Di manakah General Sherman berada? Si raksasa ini menjadi tumbuhan khas di Giant Forest yang ada dalam lingkungan Sequoia National Park di Sierra Nevada, California, Amerika Serikat (AS). Laman resmi taman nasional itu menyebutkan, kini ada sekitar 75 ribu sequoia di sana.

Usianya, jangan kaget! Laman resmi National Parks California menyebutkan, General Sherman diperkirakan berusia 2.300 hingga 2.700 tahun. Oya, nama General Sherman diambil dari nama seorang jenderal semasa Perang Sipil AS, William Tecumseh Sherman.

Sequoia dengan nama ilmiah Sequoiadendron giganteum ini memiliki batang berwarna khas orange atau kemerahan. Pohon sequoia memang layak dijuluki pohon raksasa. Tingginya bisa mencapai puluhan meter, mirip gedung bertingkat.

Sayangnya, sambaran petir kerap menyebabkan kebakaran di National Park California. Salah satu bekas kebakaran pada kambium pohon menunjukkan kebakaran yang pernah terjadi sekitar 2.000 tahun yang lalu.

Pada 2021 kebakaran terjadi dua kali. Meski pohon raksasa ini cukup tahan api, namun kebakaran itu sempat merangsek lebih dari 3 ribu pohon sequoia.

Ashtyn Perry (13 tahun) tersenyum lebar usai menanam bibit sequoia di National Park California. Gadis ini bergabung dengan Archangel Ancient Tree Archive dalam program pelestarian sequoia.

"Keren sekali kalau kita tahu pohon ini akan tumbuh amat besar hingga berusia ribuan tahun," kata Ashtyn yang dikutip Associated Press, November 2021 silam.

Jika upayanya berhasil, maka bibit yang ditanam Ashtyn akan tumbuh setinggi puluhan kali lipat tubuhnya. Bahkan, ia tak akan sempat menyaksikan sequoia yang ditanamnya tumbuh jika usia pohon itu mencapai ribuan tahun. (yen)

× Image