Home > Serba Indonesia

Tema Komunikasi Efektif Diusung Dosen Mengabdi IPB University

Program Dosen Mengabdi Inovasi (DMI) 2023 digelar di Kelurahan Kampung Kajanan, Buleleng, Bali.
Program Dosen Mengabdi Inovasi 2023 oleh IPB University di Buleleng, Bali.  (Dok DMI 2023)
Program Dosen Mengabdi Inovasi 2023 oleh IPB University di Buleleng, Bali. (Dok DMI 2023)

DIPLOMASI REPUBLIKA, BULELENG -- Program Dosen Mengabdi Inovasi (DMI) 2023 digelar di Kelurahan Kampung Kajanan, Buleleng, Bali, pada 3-4 November 2023. Di Buleleng, mereka mengangkat tema “Komunikasi Efektif dan Sinergi untuk Meningkatkan Kesejahteraan”.

“Komunikasi yang efektif antar pihak dan lembaga menghilangkan adanya kesalahpahaman,” kata koordinator DMI Dr Ir Siti Amanah, MSc saat menyampaikan materi mengenai komunikasi efektif dan sinergi antar lembaga untuk kesejahteraan.

“Sebagai makhluk sosial, kita selalu berkomunikasi, baik itu di keluarga, dalam organisasi, dan lingkungan sekitar kita. Dalam mengembangkan komunikasi, konsep diri sangatlah penting,” katanya menambahkan.

Siti Amanah, yang juga mejadi juga Ketua Umum Perhimpunan Ahli Penyuluhan Pembangunan Indonesia (PAPPI), menjadi koordinator tim yang beranggotakan Titania Aulia, SKPm, MSi, serta Dr Ir Yayuk F Baliwati, MS, dosen dari Fakultas Ekologi Manusia IPB University. DMI ini dilakukan di bawah koordinasi Direktorat Pengabdian Masyarakat Agromaritim IPB University.

Sementara dalam paparannya, drg Eliz Khalishah memberikan materi mengenai pola makan dengan menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA). Selain memaparkan B2SA, Eliz juga mendemontrasikan cara membaca porsimetris B2SA hasil kreasi Yayuk Baliwati.

B2SA merupakan aneka ragam bahan pangan yang bersumber dari karbohidrat, protein, maupun vitamin dan mineral. Apabila dikonsumsi dalam jumlah seimbang dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan dan tidak tercemar bahan berbahaya yang merugikan kesehatan. Tujuan dari materi ini untuk memberikan pemahaman terhadap peserta akan pentingnya mengonsumsi dan mengatur pola serta porsi makanan yang dipenuhi oleh makanan penuh gizi sesuai kebutuhan tubuh.

Kegiatan DMI ini dihadiri Lurah Kelurahan Kajanan I Ketut Sudarsana, SSos, MAp beserta jajarannya. Hadir juga para kader PKK Kelurahan Kajanan sebagai mitra DMI, Tim Posyandu Kelurahan Kampung Kajanan, Ketua Lingkungan (Kaling), wakil Lembaga Masyarakat Desa (LMD), dan tokoh masyarakat setempat.

“Saya berharap, warga dapat mengadaptasi cara berkomunikasi yang efektif. Karena dengan komunikasi yang efektif, akan terwujud kehidupan masyarakat yang harmonis,” kata Sudarsana.

Sudarsana menekankankan pentingnya komunikasi efektif antarlembaga. Ia mengutip ucapan pendiri Taman Siswa, Ki Hajar Dewantara, Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani. Seorang pemimpin itu harus dapat memberikan teladan yang baik bagi masyarakatnya,” kata dia.

Kegiatan DMI 2023 kali ini didukung oleh mahasiswa S2 dan S3 dari Fakultas Ekologi Manusia IPB University. Pelaksanaanya juga didukung Jasmine Salsabila Maharani, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar. (ost)

× Image