Home > Kabar Diplomasi

Dubes RI Ajak Pelajar Indonesia di Luar Negeri Jadi Promotor Seni dan Budaya

Promosi studi dan upaya menarik minat para pelajar asing untuk belajar ke Indonesia.
Selesai diskusi, dubes RI untuk Denmark berfoto bersama dengan para mahasiswa (Kemlu.go.id)
Selesai diskusi, dubes RI untuk Denmark berfoto bersama dengan para mahasiswa (Kemlu.go.id)

Diplomasi.Republika.co.id, KOPENHAGEN--Duta Besar RI untuk Denmark, Dewi Savitri Wahab, mengajak para pelajar Indonesia untuk menjadi promotor seni dan budaya.

"Juga potensi ekonomi Indonesia, melalui berbagai kegiatan di kampus masing-masing," katanya saat berdiskusi dengan para mahasiswa Indonesia yang tengah menimba ilmu di Denmark, Sabtu (19/3/2022).

Dia juga mengatakan, para mahasiswa dan pelajar Indonesia berperan penting dalam hubungan bilateral, terutama untuk memperkuat kerja sama RI-Denmark.

"Baik dalam bidang riset dan pendidikan, maupun dalam membuka dan memperkuat berbagai hubungan kerja sama teknis di bidang ilmu masing-masing," katanya seperti dilansir Kemlu.go.id pada Selasa (22/3/2022).

Ketua PPI Denmark, Ulia Renfelia Baysi, turut menyampaikan berbagai program kegiatan PPI Denmark pada 2022. Salah satunya di bidang pendidikan, baik daring maupun luring.

"Diskusi akademis untuk peningkatan hubungan kerja sama riset antarkampus di Denmark dan kampus atau lembaga di Indonesia," katanya.

Dia pun berharap, KBRI dapat terus mendukung berbagai kegiatan PPI Denmark.

Sebanyak 20 orang mahasiswa S2 dan S3 secara antusias mengikuti pertemuan di Kota Kopenhagen tersebut. Mereka berasal dari berbagai perguruan tinggi sekitar Kota Kopenhagen, antara lain ITU (IT University), Copenhagen Business School (CBS), dan University of Copenhagen (KU).

Diskusi tersebut menghasilkan berbagai rencana dan upaya kolaborasi antara KBRI Kopenhagen dan PPI Denmark pada masa mendatang. Contohnya, promosi studi di Denmark dan upaya menarik minat para pelajar Denmark untuk belajar ke Indonesia.

Saat ini di Denmark, tercatat ada 35 orang mahasiswa yang tengah menempuh studi di bidang-bidang keilmuan, seperti IT, Data Science, Bioteknologi, Food Science, dan Business and Cultural studies. Bahkan, beberapa di antara mereka juga ada yang telah bekerja di perusahaan atau universitas di Denmark. (rin)

× Image