Home > Kabar Diplomasi

'Pemelajar BIPA Adalah Diplomat Indonesia di Swiss'

Penyelenggaraan kelas BIPA telah menjadi program unggulan diplomasi budaya KBRI Bern sejak tahun 2020.
(dok. KBRI Bern)
(dok. KBRI Bern)

DIPLOMASI REPUBLIKA, BERN--Puluhan pemelajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berkumpul di Wisma Duta Besar RI, Bern, Swiss (16/12/2023). Mereka yang merupakan warga Swiss dan sekitarnya merayakan kelulusan dari kelas BIPA Swiss.

Acara wisuda BIPA di KBRI Bern ini menjadi ajang bagi para pemelajar BIPA untuk menunjukkan kemahiran mereka berbahasa Indonesia. Di antaranya dengan berpantun, bercerita, berdongeng, hingga bernyanyi dalam bahasa Indonesia.

“Tingginya peserta kelas BIPA menandakan antusiasme dan minat yang tinggi dari masyarakat Swiss dan masyarakat dunia untuk mempelajari bahasa dan budaya Indonesia," kata Duta Besar RI Bern, Ngurah Swajaya, dalam sambutannya yang dikutip laman Kemenlu, Rabu (20/12/2023).

Duta Besar RI Bern pun menyatakan kebanggaannya terhadap para pemelajar BIPA KBRI Bern. “Anda, para pemelajar BIPA merupakan diplomat Indonesia dalam mempromosikan citra positif Indonesia di Swiss," kata Dubes Ngurah.

Sementara itu, Kepala Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa Kemendikbudristek RI, Iwa Lukmana, mengucapkan selamat kepada para pemelajar yang telah menyelesaikan kelas Bahasa Indonesia semester kali ini. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek mengharapkan, dengan penetapan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi UNESCO pada 20 November 2023, membuat minat masyarakat di negara dunia untuk belajar Bahasa Indonesia juga semakin meningkat.

Para peserta mengapresiasi pelaksanaan kelas BIPA, yang menjadi bagian dari diplomasi budaya dan bahasa Indonesia. Mereka menyatakan keinginannya untuk kembali berpartisipasi pada program BIPA tahun depan.

Penyelenggaraan kelas BIPA telah menjadi program unggulan diplomasi budaya KBRI Bern sejak tahun 2020. Program ini tidak hanya sejalan dengan fokus Pemerintah RI untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia internasional, tetapi juga mempromosikan citra positif Indonesia di berbagai bidang, termasuk sosial dan ekonomi. Sebanyak 250 masyarakat Swiss telah berpartisipasi dalam program tersebut.

Kelas Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di KBRI Bern telah berlangsung selama tiga tahun dengan dukungan penuh dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB) Kemendikbudristek RI. Pada semester ini, yang dimulai sejak bulan September 2023, sebanyak 30 peserta dinyatakan lulus yang terbagi pada tingkatan BIPA 1, BIPA 2, BIPA 3, BIPA 4, BIPA 5, dan BIPA 7. (rin)

× Image