Home > Kabar Diplomasi

Diplomasi Kain Tenun Tanimbar kepada 'Friends of Indonesia'

KBRI Beijing bersama DWP akan terus mempromosikan budaya Indonesia sebagai bagian promosi kepada #039Friends of Indonesia#039.
Pemutaran video Tanimbar (dok. KBRI Beijing)
Pemutaran video Tanimbar (dok. KBRI Beijing)

DIPLOMASI REPUBLIKA, BEIJING--KBRI Beijing bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Beijing menampilkan Tenun Tanibar pada Forum ASEAN Ladies Circle (ALC) di Wisma Duta, Beijing, RRT, Jumat (17/11/2023). Dengan tema The Beauty of Tenun Tanimbar, acara ini menjadi salah satu upaya melestarikan Tenun Tanimbar Maluku sebagai warisan budaya Indonesia.

“Tenun Tanimbar merupakan kerajinan tradisional yang diwariskan secara turun-temurun dan berperan penting dalam identitas masyarakat Tanimbar," ujar Ketua DWP KBRI Beijing, Sih Elsiwi Handayani Oratmangun, dalam keterangan persnya, dikutip Sabtu (18/11/2023).

Dia mengatakan warisan budaya ini perlu dipromosikan sebagai bagian dari kontribusi terhadap pelestarian budaya. "Dengan mempromosikan kebudayaan ini, masyarakat Tanimbar, termasuk Dubes RI Beijing, terus merayakan warisan budaya mereka dan berkontribusi pada kekayaan budaya Indonesia,“ katanya.

Peragaan busana kain tenun tanimbar (dok. KBRI Beijing)
Peragaan busana kain tenun tanimbar (dok. KBRI Beijing)

Berbagai budaya Maluku dan Maluku Utara, seperti Tari Lenso, Tari Amar Dawan Amdasa, peragaan busana Tenun Tanimbar turut dipromosikan dalam acara tersebut. Sekitar ratusan tamu yang hadir dapat pula menyaksikan pemutaran video pariwisata Tanimbar.

Sebagai bagian dari kegiatan diplomasi, beragam kuliner khas Nusantara juga disuguhkan, seperti Risoles, Roti Terigu, Nasi Kuning Ambon, Ikan Cakalang, Gado-Gado, Acar Kuning, Telur Pindang, Ayam Panggang, yang ditutup dengan Bubur Sumsum, Kue Mata Roda, dan Wedang Jahe. Dengan begitu, para tamu internasional dapat merasakan kehangatan dan kemeriahan jamuan dari Indonesia yang kaya akan kulinernya.

Menurut Sih Elsiwi, KBRI Beijing bersama DWP akan terus mempromosikan budaya Indonesia sebagai bagian promosi kepada 'Friends of Indonesia'. "Dengan pesona dan karakteristik budaya Indonesia yang beragam, diharapkan acara serupa dapat meningkatkan pemahaman serta engagement publik Tiongkok akan nilai budaya Indonesia," katanya.

Pengunjung diajak berpartisipasi dalam Tarian Tobelo (dok. KBRI Beijing)
Pengunjung diajak berpartisipasi dalam Tarian Tobelo (dok. KBRI Beijing)

Dia juga berharap acara tersebut dapat meningkatkan pariwisata Indonesia, dengan menarik minat masyarakat internasional untuk datang ke Indonesia. "Semoga impresi dan kesan mendalam, acara ini diharapkan akan memicu ketertarikan para pengunjung untuk mengeksplorasi budaya dan kuliner Indonesia untuk datang ke wonderful Indonesia dan mengalaminya langsung," katanya menjelaskan.

Tamu yang hadir dalam acara, antara lain Beijing Indonesia Group (BIG) sebuah komunitas masyarakat Indonesia di Beijing, Counsellor Departemen Asia beserta delegasi Wanita Kementerian Luar Negeri RRT serta Istri Duta Besar Bahrain, Georgia, India, Uzbekistan, Qatar, dan Turkemenistan. Hal ini menunjukkan semangat ASEAN yang inklusif dan terbuka bagi berbagai negara.

Selesai acara, seluruh hadirin membawa oleh-oleh berupa produk Indonesia yang eksis di pasar Tiongkok, seperti Indomie, Kopi Kapal Api, Gery Cheese, Santan Kara, Mie Kremezz, dan Majalah RICH KBRI Beijing. Tak ketinggalan bingkisan khusus berupa kain Tenun Tanimbar bagi pemenang kuis. (zed)

× Image