Home > Kabar Diplomasi

Kim Jong Un Terima Balasan dari Presiden Singapura yang Baru

Kim Jong Un pernah berkunjung ke Singapura pada Juni 2018.
Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un dalam lawatannya ke Singapura pada 2018. (AP)
Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un dalam lawatannya ke Singapura pada 2018. (AP)

DIPLOMASI REPUBLIKA, PYONGYANG-- Presiden Singapura, Tharman Shanmugaratnam, dilantik setelah meraih kemenangan telak pada pemilu Agustus lalu. Berkat kemenangan itu, Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, mengirimkan pesan kepada Presiden Singapura yang baru itu beberapa waktu lalu. Begini isinya, seperti dilansir KCNA, media resmi Korea Utara.

"Saya menyampaikan ucapan selamat kepada Anda atas terpilihnya Anda sebagai Presiden Republik Singapura. Saya menggunakan kesempatan ini untuk menyatakan keyakinan saya bahwa hubungan persahabatan antara kedua negara kita akan berkembang demi kepentingan bersama, dan berharap Anda sukses dalam tugas Anda, yang bertanggung jawab demi pembangunan dan kemakmuran negara."

Pada tanggal 3 November, Presiden Singapura membalas pesan tersebut seperti yang diungkap Kementerian Luar Negeri Korea Utara. Begini isi pesan balasannya, dikutip dari KCNA, Kamis (9/11/2023).

"Yang mulia,

Terima kasih atas pesan hangat ucapan selamat Anda atas pelantikan saya sebagai Presiden Republik Singapura. Saya yakin bahwa hubungan baik antara kedua negara akan terus diperkuat dan diperdalam. Terimalah harapan dan doa terbaik saya untuk kesehatan dan kesuksesan Anda."

Begitulah isi pesan balasan dari presiden Singapura untuk pemimpin Korea Utara. Presiden Shanmugaratnam menggantikan Halimah binti Yacob, yang merupakan presiden perempuan pertama di Singapura. Sebelumnya, Shanmugaratnam menjabat sebagai wakil perdana menteri periode 2011-2019. Ekonom ini pernah menjabat sebagai menteri pendidikan pada 2003-2008 dan menteri senior pada 2019-2023.

Kim Jong Un pernah berkunjung ke Singapura pada Juni 2018. Hotel Capella di Pulau Sentosa Singapura menjadi lokasi pertemuan antara Donald Trump yang saat itu masih menjabat presiden AS dan Kim Jong Un.

Di sela-sela pertemuan tersebut, pemimpin Korea Utara itu meluangkan waktu untuk mengunjungi situs-situs ikonik di Singapura pada malam hari.

Menurut Straitstimes, Kim Jong Un baru tiga kali meninggalkan negaranya sejak pengambilalihan kekuasaan setelah kematian ayahnya pada akhir 2011, dua kali ke Cina dan satu kali ke Korea Selatan.

Saat mengunjungi beberapa tempat wisata terkenal, seperti Gardens by the Bay dan resor Marina Bay Sands (MBS), dia menyempatkan untuk berswafoto dengan politisi Singapura. (zed)

× Image