Home > Serba Indonesia

Sayur Besan dalam Pernikahan Masyarakat Betawi

Sayur ini lebih populer di kalangan masyarakat Betawi sekitar Tangerang dan Parung.
Sayur Besan (dok: Kemendikbud)
Sayur Besan (dok: Kemendikbud)

DIPLOMASI REPUBLIKA--Mendengar nama besan, tentu Anda akan teringat pada pernikahan. Namun, besan yang akan dibincangkan ini merupakan jenis makanan khas yang berasal dari Betawi. Namanya adalah sayur besan.

Selain namanya, kandungan isi sayur besan pun tak kalah uniknya, yaitu penggunaan terubuk atau yang lebih dikenal bunga tebu (Saccharum edule), yang menjadi poin penting dari sayur ini. Bunga tebu ini biasanya terdapat di tebu kerdil. Sebelum dikupas, bentuknya mirip dengan sereh. Akan tetapi, setelah dikupas kulitnya, bunga tebu ini mirip dengan kumpulan telur ikan. Cita rasa sayur besan ini mirip dengan sayur godog, salah satu masakan Betawi yang biasanya ada pada saat hari raya.

Berdasarkan pengamatan, sayur ini lebih populer di kalangan masyarakat Betawi sekitar Tangerang dan Parung. Seperti yang dilansir dari Warisan Budaya Kemendikbud, sayur besan disajikan saat acara besanan pada pernikahan Betawi sebagai penghargaan tertinggi kepada orang tua mempelai. Namun, ada kalanya dihidangkan saat acara resepsi pernikahan berlangsung. (lur)

× Image